Kendaraan Mudik di Bakauheni Naik

Direktur Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Prasetyo B Utomo mengatakan, pada H-7 hingga H-3 jelang Lebaran tahun ini atau 23-27 Agustus 2011, tercatat 75.870 kendaraan menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten, ke Bakauheni, Lampung. Jumlah ini 90 persen lebih banyak dibanding kurun waktu yang sama pada Lebaran 2010. "Lebih besar dari tahun sebelumnya dengan hari yang sama hanya 40.366 unit," kata Prasetya, Minggu (28/8/2011).
Ia mengatakan, selama lima hari masa mudik, jumlah kendaraan roda dua yang melintas di kedua pelabuhan itu mencapai 35.914 unit, kendaraan kecil atau pribadi 31.174 unit, bus 2.581 unit, dan truk 6.201 unit. Prasetya memperkirakan kenaikan jumlah kendaraan pemudik ini diakibatkan oleh meningkatnya level perekonomian masyarakat Indonesia.
"Selain pertumbuhan ekonomi, ada dua faktor lain yang mengakibatkan lonjakan jumlah pemudik tahun ini jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni kondusivitas atau kenyamanan bermudik dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," katanya.
Prasetya menambahkan, tahun ini PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry menyediakan kapal reguler sebanyak 30 unit dan delapan kapal tambahan untuk melayani para pemudik. Disediakan pula cadangan berupa tiga kapal reguler sehingga total ada lebih dari 40 kapal untuk Lebaran kali ini.

Link


Julianus Alfian Abdul Jafar

0 Response to "Kendaraan Mudik di Bakauheni Naik"

Posting Komentar