HILAL BELUM NAMPAK; 1 Syawal 1432 Hijriyah Hari Rabu (Sidang Isbat 2011)


Ibn Abbas r.a. berkata: Ayat : Athi’ullaha wa athi’urrasula wa ulil amri minkum (taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasulullah dan pemerintah dari golonganmu). Ayat ini turun mengenai Abdullah bin Hudzaifah bin Qais bin Adi ketika diutus oleh Nabi saw. Memimpin suatu pasukan. (Bukhari, Muslim).
Malam ini Sidang Isbat penentuan 1 syawal 1432 H digelar oleh Kementrian Agama yang dipimpin langsung Oleh Surya Darma Ali selaku Mentri Agama yang dihadiri oleh beberapa ormas Islam dan MUI. dalm sidang isbat tersebut telah dipantau 88 titik guan menentukan apakah hilal telah muncul atau belum, hasil dari lapangan bahwa hilal belum menampakkan diri, maka untuk itu pemerintah melalui Kemenag setelah menimbang berdasarkan pantauan untuk penentuan 1 syawal 1432 H jatuh pada Hari Rabu 31 Agustus 2011. dalam hal ini ketua MUI juga memberikan penggalan ketetapan MUI yang besikan antara lain adalah tentang jatuhnya 1 syawal 1432 H yang ketika ada perbedaaan waktu maka untuk menjalin ukuwah islamiah bukanlah menjadi sebuah perbedaan yang harus diperdebatkan, saling menghormati dan menjaga kerukunan untuk sebuah perbedaan.
Namun disisilain banyak kalangan tokoh masyarakat di daerah yang menyayangkan perbedaan jatuhnya 1 syawal tersebut, oleh karena lagi - lagi umat yang dibuat bingung oleh ketetapan pemerintah lewat kemenag, seharusnya pemerintah bisa dalam penentuan hilal dapat mensosialisaikan secara kontinew kepada masyarakat khususnya didaerah agar tidak terjadi ketumpangan dan perbedaan. Penentuan 1 syawal 1432 H juga terkesan dadakan tanpa ada pemberiitahuan pada kalangan tokoh masyarakat daerah.

live sidang isbat silah klik disini

julianus

0 Response to "HILAL BELUM NAMPAK; 1 Syawal 1432 Hijriyah Hari Rabu (Sidang Isbat 2011)"

Posting Komentar