Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi | Berbeda dengan mouse yang dapat dengan mudah dicopot dan diganti bila sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, touchpad yang sama-sama berguna untuk menggerakkan kursor laptop tidak dapat semudah itu untuk diganti.

Hal tersebut tentu saja akan cukup merepotkan bila touchpad laptop anda secara tiba-tiba tidak dapat digunakan untuk menggerakkan kursor. Meskipun memiliki fungsi yang relatif sama dengan mouse, namun pada dasarnya touchpad yang letaknya ada di bagian bawah keyboard itu, lebih praktis untuk digunakan.

Oleh sebab itu bila touchpad yang ada pada laptop tersebut bermasalah tentunya, kemana-mana anda harus selalu membawa mouse, agar dapat menggunakan laptop, karena apa gunanya laptop bila tak ada pointer untuk menggerakkan kursor.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error


Merawat touchpad laptop dengan baik merupakan hal yang penting untuk dilakukan, tapi bagaimana bila touchpad laptop anda saat ini sudah bermasalah, apa yang harus anda lakukan agar touchpad tersebut dapat berfungsi kembali dengan normal? Tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara mengatasi touchpad laptop yang tidak dapat berfungsi secara normal :

• Bersihkan debu dan kotoran

Touchpad memang sensitif, sehingga bila touchpad tertutupi oleh debu maka sudah pasti sensitivitas touchpad akan berkurang. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, anda dapat membersihkannya dengan kain kanebo yang telah dibasahi sedikit air, selain itu anda juga dapat membersihkan touchpad menggunakan alkohol, agar noda sisa makanan yang membandel juga dapat hilang.

• Download software yang berasal dari situs resmi pabrikan laptop

Bila anda baru saja menginstall ulang Windows, maka anda juga perlu driver yang cocok untuk digunakan pada laptop anda. Maka dari itu, sebaiknya anda mendownload software dari situs resmi pabrikan laptop. Dengan mendownload dan menginstal software/driver touchpad, maka anda dapat mengurangi resiko touchpad yang error

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

• Bersihkan (Scanning) Laptop secara full

Touchpad yang tidak dapat berfungsi normal, biasanya dapat juga disebabkan karena virus. Bila laptop sudah terkontaminasi virus, maka bisa jadi program sistem pun akan kacau sehingga sektor hardware juga tidak dapat berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu, sebaiknya anda melakukan scanning secara full terlebih dahulu agar laptop anda bebas dari virus

• Lakukan setting Control Panel

Bisa jadi ketika anda menggunakan laptop, tak sengaja anda memencet kombinasi tombol (Fn + ikon touchpad) yang dapat menonaktifkan touchpad. Nah, untuk mengaktifkannya kembali, anda dapat ke Control Panel lalu pilih Hardware and Sound kemudian Device and Sound setelah itu masuk ke TAB Device Setting, selanjutnya pilih Enable pada Synaptics Touchpad

• Hapus Driver Touchpad

Namun, bila settingan touchpad sudah dalam keadaan aktif, kemungkinan software bawaan anda yang bermasalah, sehingga touchpad masih belum bisa berfungsi dengan normal.

Untuk mengatasinya, maka anda perlu masuk ke Control Panel > System > Device Manager > selanjutnya cari bagian Mice and Other Pointing Device dan klik symbol yang ada di sebelahnya. Selanjutnya, hapus driver Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara mengarahkan pointer mouse ke arah driver tersebut dan klik kanan kemudian pilih Delete.

• Matikan Laptop

Terkadang touchpad tiba-tiba tidak dapat berfungsi secara normal disebabkan karena kornsleting listrik, oleh sebab itu cobalah untuk mencabut baterai dan diamkan selama 2 jam dalam kondisi sama sekali tidak dialiri oleh listrik. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop anda.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut, kini anda tak perlu kebingungan lagi ketika touchpad laptop anda mendadak tidak responsif.

sumber: hedryiks

0 Response to "Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Baik"

Posting Komentar