Menteri Susi Pudjiastuti Menhimbau Untuk Mengubah Kebiasaan Indonesia

Swarajalanan - Dalam Negara Indonesia yang kurang lebih dipenuhi dengan kelautan, tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa mengambil sebagian besar pemasukan dari laut. Dikarenakan untuk kebutuhan yang berasal dari laut Negara Indonesia diharuskan untuk Impor.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengarahkan kepada penduduk Indonesia untuk bisa memanfaatkan sebagian kelautan ini menjadi pemasok utama seafood. Menteri Susi Pudjiastuti juga turut berharap Negara Indonesia pun bisa mengubah kebiasaan tersebut.

Berikut penegasan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang dikutip dari Kompas.com,"Harus mengubah kebiasaan Indonesia di mana makan ikan saja harus impor, apa saja impor, ini harus kita ubah. Kita juga harus bisa makan ikan laut, karena dua pertiga wilayah kita laut, tidak makan ikan budidaya saja seperti lele, mujair, dan patin yang parah lagi pakannya 60 hingga 80 persen import," kata Susi dalam Rakernas Ditjen Perhubungan Laut, di Kemenhub, Jakarta, Senin (2/3/2015). "Jadi kepalanya made in lokal, tapi ekor badan komponen impor. Jadi kalau pangan saja 80 persen komponen impor mau bagaimana," lanjutnya.

Susi Pudjiastuti juga mengharapkan kita untuk reflexsi dengan keaadan Indonesia dengan kinerja dan optimisme presiden sebelumnya untuk melihat seberapa besar kinerja yang didapat mengenai permasalahan Kelautan dan Perikanan. Sebagai pejabat pemerintahan Susi Pudjiastuti juga memiliki pengamatan yang khusus utnuk membuat Indonesia menjadi negara yang tidak hanya memiliki program kerja yang hanya dimulut atau hanya sebagai mimpi saja, akan tetapi harus ada aplikasinya.


"Soekarno dan sekarang Jokowi tidak bermimpi karena sumber daya alam sudah punya semua. Namun kita perlukan disiplin dan kemampuan bekerja sama untuk mencapainya. Jadi jangan sampai MEA datang, Indonesia dengan 250 juta penduduk hanya jadi target pasar saja," kata Susi.

Selain itu beliau juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk bisa melestarikan dan mengembangbiakkan segala yang ada di Laut, agar kedepannya tidak habis dan dapat berkelanjutan untuk anak dan cucu kita.